Nama : Tubagus Fauzanul Hakim
Npm : 16210997
kelas : 3EA15
1. PENGERTIAN PSIKOLOGI KONSUMEN
1. PENGERTIAN PSIKOLOGI KONSUMEN
- Pengertian konsumen
Konsumen adalah seseorang atau
sekelompok orang yang membeli suatu produk untuk dipakai sendiri dan tidak
untuk dijual kembali. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual
kembali (jawa: kulakan), maka dia disebut pengecer atau distributor. pada masa
sekarang ini bukan suatu rahasia lagi bahwa sebenarnya konsumen adalah raja
sebenarnya, oleh karena itu sebagai produsen yang memiliki prinsip holistic
marketing sudah seharusnya memperhatikan semua yang menjadi hak-hak konsumen.
Psikologi
konsumen adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang prilaku
konsumen pada seseorang atau manusia. Psikologi konsumen berakar pada psikologi
periklanan dan penjualan. Pada psikologi konsumen tercakup penelitian tentang
konsumen sebagai pembeli dan konsumen sebagai konsumen, konsumen sebagai warga
negara, serta sebagai sumber data dari pengetahuan perilaku dasar.
Masing-masing metode yang digunakan dalam psikologi konsumen memiliki keluasan
perbedaan dalam hal disain eksperimentalnya, subjek yang diteliti, prosedur
pengumpulan data, dan instrumen instrumennya.
Motif seseorang untuk membeli barang atau jasa
yang ditawarkan, sangat bervariasi. Biasanya sulit untuk mengetahui motif yang
sesungguhnya, ada berbagai motif membeli yang menurut seorang psikolog, Vance
Packard, kebanyakan motif pembelian berkisar antara mencari kekayaan dan
pangkat. Di dalam kegiatan menjual membeli sering terjadi perbedaan persepsi.
Untuk mengamalkan persepsi perlu dilakukan beberapa hal meliputi, tujuan
pemberian informasi, tugas dalam penyampaian informasi, metode komunikasi, alat
alat yang digunakan, cara cara penyampaian, informasi, wadah atau organisasi
dan personil, lokasi dan tempat operasi, waktu dan lamanya pelaksanaan,
penanganan hambatan yang mungkin timbul, sistem pengawasan dan pengendalian.
Tingkah laku konsumen banyak dipengaruhi oleh karakteristik-karakteristik
seperti, jenis kelamin, usia,watak, status, sosial ekonomi, serta lokasi tempat
tinggal.
PERILAKU
KONSUMEN DARI SUDUT PANDANG PSIKOLOGIS
Perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat
mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa (Blackwell, Miniard, & Engel, 2001). Sedangkan The American
Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi
dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia
melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen
mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan
saat proses konsumsi (Peter & Olson,
2005). Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan
dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan
tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan
barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi
(Hanna & Wozniak, 2001).
2.
HUBUNGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN DENGAN
PSIKOLOGI KONSUMEN
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Seperti yang kita lihat ditelevisi banyak iklan yang menawarkan produk-produk
yang membuat konsumen bingung untuk memilih. Iklan adalah pengaruh dan apa yang
dilakukan konsumen setelah menerima pengaruh adalah bagaimana mereka sampai
pada keputusan membeli atau menolak produk iklan tersebut. Pemasar sangat
tertarik untuk mengetahui dan memahami proses pengambilan keputusan konsumen.
Proses pengambilan keputusan dalam
pemasaran oleh psikologi konsumen terdiri dari tiga tahapan, yaitu :
1) Sadar akan kebutuhan : konsumen
menyadari akan adanya kebutuhannya ketika menghadapi suatu masalah.
2) Pencarian pra beli : dimulai ketika
konsumen mempresepsi suatu kebutuhan yang mungkin bisa terpuaskan dengan
membeli dan mengkonsumsi suatu produk. Konsumen pada tingkatan ini memerlukan
informasi untuk menentukan pilihan produk. Banyak keputusan konsumen yang
didasarkan pada kombinasi anatar pengalaman masa lalu (sumber internal) dengan
informasi pemasaran serta informasi non komersial (sumber eksternal)
3) Evaluasi terhadap informasi
SUMBER
:
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id