Nama :
Tubagus Fauzanul Hakim
Kelas : 3EA15
NPM : 16210997
Tugas Softskill Perilaku Konsumen
Kelas : 3EA15
NPM : 16210997
Tugas Softskill Perilaku Konsumen
Teori
perilaku konsumen yang berkembang sebelum periode tahun 1960-an didasarkan pada
teori ekonomi, yakni yang menjelaskan bahwa seorang konsumen akan menetapkan
kuantitas komoditas yang dikonsumsi dengan cara memaksimumkan kepuasan
(utilitas). Pada menentuan kuantitas
tersebut, konsumen dihadapkan pada kendala pendapatan dan harga komoditas. Sementara itu, preferensi dan variabel yang
lain dianggap tetap atau konstan yang disebut dengan istilah ceteris paribus.
Pada
teori ekonomi mikro, teori konsumen hanya mempertimbangkan dari sisi
kuantitas. Keputusan individu konsumen
diturunkan dari perilaku konsumen didalam memaksimumkan utilitas dengan kendala
pendapatan sebagaimana disajikan pada rumus berikut:
Fungsi tujuan:
Max. U = f(q1,
q2)
Kendala:
M
= p1 x1 + p2 q2 àincome
Dimana U adalah
utilitas (kepuasan), sedangkan q1 dan q2 masing-masing
adalah komoditas 1 dan 2. Menurut
beberapa ahli, teori perilaku konsumen tersebut secara empiris sulit dibuktikan
(Sumarwan,
2004).
Menurut Gerald Zaldman dan Melanie
Wallendorf (1979:6) yang menjelaskan
bahwa :
Ø
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan
social yang
dilakukan individu, kelompok, dan
organisasi dalam mendapatkan, menggunakan
suatu produk atau lainnya sebagai
suatu akibat dari pengalamannya dengan
produk, pelayanan, dan sumber-sumber
lainya.
Oleh
karena itu perilaku konsumen biasa membantu keberhasilan di sebuah penjualan
produk, dengan menggunakan proses dan hubungan social yang dilakukan dalam
kelompok atau pun organisasi yang menggunakan suatu produk atau pun lainnya.
Jika
konsumen memaksimumkan kepuasan (utilitas), oleh karena itu konsumen akan
membantu atau terjadinya keberhasilan
didalam penjualan suatu produk.
Contohnya
:
Penjualan
pakain di tokok distro atau pun penjualan Online (pengusaha mikro), jika
konsumen dapat hubungan kerjasama atau jual beli dengan baik di suatu
perusahaan ataupun organisasi, maka akan membantu keberhasilan penjualan produk
tersebut.
Sumber
:
1.
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&sqi=2&ved=0CDkQFjAD&url=http%3A%2F%2Fshinta.lecture.ub.ac.id%2Ffiles%2F2012%2F09%2Fmodul-PK-1.docx&ei=DeNvUMuQHoTxrQf2-YHAAw&usg=AFQjCNEt37qrqc9uGG2bVIRKBtvO303wpw
2.
https://www.google.co.id/#hl=id&gs_nf=1&cp=36&gs_id=5r4&xhr=t&q=bagaimana+perilaku+konsumen+bisa+membatu+keberhasilan+penjualan+produk&pf=p&sclient=psy-ab&oq=bagaimana+perilaku+konsumen+bisa+membatu+keberhasilan+penjualan+produk&gs_l=&pbx=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.&fp=4f19ecbafbea52d7&biw=1366&bih=630
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
dilarang memakai kata" kotor.....